Berita & Kegiatan

Peningkatan Kapasitas Mitra TanaHalisa sebagai Rangkaian Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2020

Hari ini, bertempat di Bumi Perkemahan Sukamantri, Bogor, dilakukan kegiatan peningkatan kapasitas mitra TanaHalisa dalam bidang fotografi satwa liar. TanaHalisa, Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), Bogor Nature Wildlife Photo ghrapy (BNWP) menggagas acara pelatihan yang diikuti oleh kader konservasi, volunteer, komunitas mitra TanaHalisa seperti Sahala, Uni Konservasi Fauna (UKF) dan Wara Wiri Adventure (WWA).

Mengusung tema peran dokumentasi satwa liar dalam mendukung upaya konservasi satwa liar, acara ini menghadirkan figur pemateri yang berkompeten dalam bidang konservasi yaitu Robithotul Huda dari YIARI dengan tema konservasi kukang (Nycticebus javanicus), Rahayu Oktaviani dari Owa Halimun dengan tema konservasi Owa Jawa (Hylobathes moloch) dan Riza Marlon, fotografer alam liar senior. Mengenal alat dan dasar fotografi, mengenal subjek serta komposisi foto menjadi poin penting dalam fotografi alam liar. Kita di lapangan memiliki keunggulan lebih berupa peluang dan momen dalam mendokumentasikannya.


Kepala Balai TanaHalisa, Ahmad Munawir, S.Hut, M.Si menyampaikan bahwa ini kesempatan yang bagus bagi peserta untuk mempelajari fotografi satwa liar. Ekspose dalam bentuk foto, video pada media sosial dilakukan untuk memperkuat pesan yang akan disampaikan. Fotografi ini mendukung kegiatan kampanye edukasi lingkungan.

Peningkatan kapasitas ini menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang diperingati setiap 5 November. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan pengumpulan foto flora fauna di Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Cikaniki, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Bogor pada 16 hingga 18 Oktober 2020 serta pengamatan migrasi raptor di Salaka, Bogor pada 24 hingga 25 Oktober 2020. Puncak peringatan HCPSN berupa kegiatan pameran foto flora fauna hasil karya TanaHalisa, Yayasan IAR Indonesia, BNWP dan Yayasan Kiara yang akan dilaksanakan pada awal November 2020 ini.

Penanggung jawab berita:
Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Ahmad Munawir – 081288891392
Informasi lebih lanjut:
Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Erlan Sodahlan – 081288378743
Yayasan IAR Indonesia
Reza – 08161983454
Penyusun:
Hermita Widi Nugrahareni

 

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.