Berita & Kegiatan

Model Perencanaan Melalui Bioprospeksi dan Ekowisata TNGHS Berbasis Pembangunan Wilayah

Bogor. Kamis, 6 Oktober 2022. Melanjutkan pelaksanaan audiensi kepada beberapa pemerintah daerah di Bulan Agustus-September, tim ICDPb – TNGHS melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Model Perencanaan Melalui Bioprospeksi dan Ekowisata TNGHS Berbasis Pembangunan Wilayah yang bertempat di Ruang Ballroom IPB International Convention Center dengan tujuannya tercapainya komitmen dan dukungan para pihak untuk pembangunan bioprospeksi dan ekowisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) berbasis pembangunan wilayah.

Rapat Kerja ini dibuka oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang diwakili oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik (KKHSG), drh. Indra Exploitasia, M.Si. Dalam pembukaannya, disampaikan yang pada intinya mendukung adanya pembangunan wilayah sebagai dukungan untuk pengembangan bioprospeksi dan ekowisata.

Dalam rangkaian kegiatannya, Rapat Kerja diisi oleh keynote speakers yang terdiri dari Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (yang diwakili oleh Direktur KKHSG), Ir. Wahjudi Wardojo, M.Sc., dan Prof. Ir. Hadi S. Alikodra, M.S., di mana masing-masing keynote speaker menyampaikan materi mengenai pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui bioprospeksi dan ekowisata TNGHS berbasiskan pembangunan wilayah. Selanjutnya, Rapat Kerja ini juga diisi oleh para narasumber yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Direktorat RenKK, Direktorat PJLKK, dan Direktorat KKHSG), serta dari akademisi (IPB University).

Rangkaian Rapat Kerja yang dihadiri oleh para pihak dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Media Massa, dan LSM/masyarakat ditutup dengan pembacaan dan penandatangan Rumusan komitmen para pihak terkait Model Perencanaan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Bioprospeksi dan Ekowisata di TNGHS Berbasis Pembangunan Wilayah.

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.