Berita & Kegiatan

Workshop Dalam Rangka Hari Konservasi Alam Nasional Bagi Generasi Muda Pecinta Alam Regional Sumatera

JAMBI. Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung (PJLKKHL), Ditjen PHKA,  Kementerian Kehutanan mengadakan rangkaian Kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2012 berupa “Kemah Konservasi dan Workshop Bagi Generasi Muda Pecinta Alam Regional Sumatera”, bertempat di Jambi.

Tanggal 10 Agustus telah ditetapkan sebagai Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) melalui Kepres no. 22 tahun 2009. Penetapan HKAN merupakan bukti nyata bentuk kepedulian pemerintah terhadap konservasi sebagai momentum strategis yang memiliki sasaran dan manfaat sangat penting dalam mendukung pengembangan upaya Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAH&E). Pendekatan yang dilakukan diantaranya melalui kegiatan kampanye secara nasional untuk menumbuh kembangkan semangat melakukan upaya konservasi. Hari konservasi alam nasional juga merupakan bagian dari pendidikan dan sosialisasi KSDAHE kepada lapisan masyarakat termasuk generasi muda dan para pengambil kebijakan pembangunan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Dalam rangka memperingati HKAN Tahun 2012 Direkorat PJLKKHL bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan berupa Kemah Konservasi dan Workshop Bagi Generasi Muda Pecinta Alam se-Sumatera. Kegiatan ini diikuti oleh generasi muda pencinta alam perwakilan dari masing-masing Provinsi se-Sumatera dengan jumlah peserta sebanyak 120 (seratus dua puluh) orang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HKAN dan merupakan awal dari kegiatan kampanye konservasi, dimana kedepan akan dilakukan kegiatan-kegiatan serupa  berskala nasional.

Kegiatan kemah konservasi berlokasi di areal konservasi alam dari Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) PT. Wira Karya Sakti (WKS) yakni Sei Sungai Tapak yang diselenggarakan pada tanggal 13-14 Juni 2012. Melalui kemah konservasi, diharapkan dapat mendekatkan para generasi muda dengan alam, menumbuhkan kepedulian mereka terhadap alam serta mau dan mampu berbuat untuk alam. Sedangkan tujuan utama dari acara ini adalah terciptanya deklarasi pecinta alam se-Sumatera (deklarasi Sei Sungai Tapak) dalam upaya melestarikan alam yang ada di Sumatera serta nantinya mampu melakukan aksi-aksi yang positif.

Workshop

Acara dilanjutkan dengan Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2012 bertempat di Hotel Abadi Jambi. Worshop dibuka oleh Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Kementerian Kehutanan (Ir. Darori, MM). Adapun tema dari kegiatan ini adalah “BERSATU, BERBUAT UNTUK KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA”.

Dalam wokshop ini disampaikan berbagai informasi dari beberapa stakeholders yaitu para pakar lingkungan yang ada di Provinsi Jambi seperti Rektor Universitas Jambi, Pemerintah Daerah, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kehutanan yang ada di Jambi dan lain lain-lain.

Penyampaian materi dan informasi ini bertujuan untuk membuka wawasan peserta pecinta alam yang selanjutnya akan ditampilkan dalam bentuk rumusan hasil workshop.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat, pendorong dan langkah strategis bagi generasi muda pecinta alam se-Sumatera pada khususnya dan generasi muda pecinta alam se-Indonesia pada umumnya untuk melakukan upaya-upaya nyata melakukan kegiatan-kegiatan konservasi dan pelestarian lingkungan.

[Teks & Foto | PJLKKHL | Entis]

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *