Survey untuk Pemanfaatan Energi Air

Screenshot_20180923-113021~2

Pekan lalu, petugas Taman Nasional Gunung Halimun Salak melakukan survey potensi dan pengukuran debit air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) di sungai Citarik dan sungai Ciherang. Keduanya berada di wilayah kerja Resort PTNW Gn. Kendeng, Seksi PTNW III Sukabumi.

Sungai Ciherang berada Desa Kabandungan dan untuk menuju lokasi ini, harus melewati Perkebunan Teh Jayanegara dan jalur utama industri strategis pengelolaan panas bumi yakni Star Energy Geothermal Salak.
Air di Sungai Ciherang sangat jernih, sangat sesuai sekali dengan nama Ciherang yang berarti bening/jernih. Dalam bahasa sunda, Ci adalah Air dan Herang adalah bening/jernih. Jadi Ciherang adalah Sungai yang bening/jernih.
Sungai yang kedua adalah sungai Citarik. Sungai ini cukup terkenal di kalangan penggiat arung jeram/olahraga arus deras (ORAD) karena memang di hilir sungai banyak sekali operator wisata arung jeram yang memanfaatkannya.
Sungai Citarik terletak di Desa Cihamerang, jarak dari kantor Resort Gn. Kendeng sekitar 15 menit saja.

Energi air adalah energi yang bisa terbarukan, namun kita harus tetap bijak dalam menggunakannya. Karena air adalah sumber kehidupan bagi mahluk hidup.
Mari kita jaga kelestarian hutan sesuai fungsi dan lebih bijak beraktivitas di hutan. Karena hutan bukan warisan nenek moyang tetapi titipan untuk anak cucu kita. (woe)

“Cai Saat Jelema Tikoceak”

Teks: Yoesry Hilmy
Editor: Widi