• Depan
  • › Kategori: Berita & Kegiatan
  • › Seren Taun Kasepuhan Ciptagelar: Nyoreang Alam Ka Tukang Nyawang Alam Nu...

Seren Taun Kasepuhan Ciptagelar: Nyoreang Alam Ka Tukang Nyawang Alam Nu Bakal Datang

IMG-20180910-WA0008

Seren taun Kasepuhan Ciptagelar ke-650 tahun ini diselenggarakan pada 6 s/d 9 September 2018.
Selain sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kasepuhan kepada Sang Pencipta atas hasil bumi yang melimpah, Seren Taun Ciptagelar juga merupakan wadah pelestarian seni dan budaya asli Jawa Barat, seperti Wayang Golek, Jaipongan, Dogdog Lojor dan sebagainya.

Dalam kesempatan ini, Kepala BTNGHS bersama dengan tim Direktorat Kawasan Konservasi dan Direktorat PIKA kembali hadir memenuhi undangan masyarakat kasepuhan untuk memberikan dukungan terhadap kegiatan Seren Taun sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan sosialisasi hal-hal penting terkait pengelolaan TNGHS.

Acara ini juga diisi dengan sarasehan adat yang dihadiri oleh Bupati Sukabumi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dan Ibu Dewi sebagai anggota DPR RI yang memiliki kepedulian terhadap Kasepuhan Adat.
Isu hangat yang disoroti adalah pengakuan wilayah adat Ciptagelar secara legal oleh pemerintah serta kemungkinan peningkatan akses jalan existing menuju Ciptagelar.
Mewakili KLHK, Bpk Aswan dari Direktorat Kawasan Konservasi menyampaikan bahwa peran pemerintah daerah Sukabumi sangat penting untuk segera mengesahkan Perda Pengakuan Adat Kasepuhan Ciptagelar. Pembangunan jalan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat sangat dimungkinkan melalui mekanisme kerjasama. Hal ini sudah menjadi komitmen Balai TNGHS, oleh karenanya jalur menuju wilayah ini telah direvisi menjadi zona khusus. (woe)

Penulis: Erlan Sodahlan