Pemodelan Lokasi Restorasi Menggunakan Software CONDATIS

IMG-20180717-WA0016
Kabandungan, 17 Juli 2018, Balai TNGHS menyelenggarakan pelatihan penggunaan software CONDATIS. Aplikasi berbasis web ini merupakan alat yang dapat digunakan untuk menentukan lokasi restorasi hutan yang berfungsi menjadi koridor satwa.
Sejumlah sepuluh orang peserta yang terdiri dari 8 orang tenaga fungsional TNGHS serta masing-masing 1 orang perwakilan Direktorat KK dan PIKA mengikuti pelatihan yang terlaksana atas kerjasama Balai TNGHS dengan Fakultas Kehutanan IPB dan Liverpool University.
Degradasi pada beberapa wilayah mengakibatkan terfragmennya habitat satwa liar. Penggunaan model ini diharapkan menjadi solusi dalam upaya pembangunan koridor pergerakan satwa di kawasan TNGHS.
Awen Supranata, Kepala Balai TNGHS mengapresiasi kegiatan ini dan mendorong dilanjutkan kerjasama penelitian untuk mengaplikasikan model ini. “Semoga ini menjadi awal untuk melakukan kerjasama dalam bidang lainnya” tambahnya. Akhirnya, pengaplikasian software CONDATIS di Halimun Salak diharapkan dapat menjadi masukan dalam penentuan areal restorasi pada masa mendatang. (woe)

Teks dan Foto:  @gr1satria