Berita & Kegiatan

Ngaji Konservasi Bersama Santri Santriyah Pesantren Husnayain

Sobat Halisa, Rabu, 9 Februari 2022 ini Tanahalisa turut bergabung dalam acara Kegiatan Pendidikan Konservasi Alam dan Latihan Dasar Kepemimpinan. Pesantren mengusung acara ini di lapangan Cianten, Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor dengan peserta 90 santri santriyah.

Ngaji konservasi ini diisi dengan pengenalan apa itu taman nasional dan fungsinya bagi kelangsungan hidup serta peran generasi muda dalam mendukung kegiatan konservasi di Tanahalisa.

Fungsi Taman Nasional berkenaan sebagai kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. Peserta dikenalkan dengan contoh yang dapat ditemui di sekitar lingkungan kegiatan salah satunya kegiatan pemungutan hasil hutan bukan kayu (getah pinus) dengan mekanisme kerja sama kemitraan konservasi.

Selain itu disampaikan tentang Peran Pemuda dalam Mendukung Kegiatan Konservasi TNGHS. Dalam menjalankan tugas fungsinya, TNGHS memiliki SDM kurang lebih 140 pegawai dengan kawasan yang harus dijaga seluas 87.699 hektar. Tentunya perlu dukungan berbagai pihak dalam melaksanakan tugas dan fungsi tersebut. TNGHS membuka peluang kepada generasi muda yang peduli lingkungan untuk bergabung dalam Kader Konservasi. Mereka menjadi agen yang menyuarakan dan mengajak khalayak untuk mendukung upaya konservasi melalui bidang-bidang yang mereka tekuni.

Diskusi berlangsung dengan ketertarikan peserta bagaimana bergabung menjadi kader konservasi, berbagi pengalaman oleh kader konservasi serta bagaimana keterlibatan dan aktivitas Kader Konservasi di TNGHS.

Harapannya kegiatan ini menjadi awal tumbuhnya da’i konservasi selain baik dalam hubungan dengan Allah dan sesama manusia, namun juga mampu menjaga alam dan lingkungannya.

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.