Lagi, Seekor Elang Brontok Lahir di Gunung Salak

che_ok water

Pertengahan September 2017, Halimun Salak berhasil merekam terlahirnya seekor Changeable Hawk Eagle atau Elang Brontok. Momen ini terpantau di sisi tenggara Gunung Salak. Hingga berita ini diangkat, anakan elang tersebut diperkirakan berumur dua minggu.

Menurut IUCN, satwa yang dalam bahasa latin bernama Nisaetus cirrhatus ini tergolong dalam status least concern. Terdapat 16 jenis burung pemangsa di Halimun Salak dari keluarga Accipitridae dan Falconidae. Elang Jawa, Elang Ular Bido, Elang Hitam, Sikep Madu Asia serta jenis lain hidup dan berkembang biak di Halimun Salak. Beberapa rekaman perjumpaan sebelumnya serta kelahiran ini mengkokohkan Halimun Salak sebagai rumah dan habitat terbaik ‘para pemangsa’.

Pengamatan intensif akan dilakukan hingga anakan dapat terbang sendiri. Elang Jawa, jenis yang masih satu genus dan kerabat paling dekat, membutuhkan proses hingga empat tahun untuk anakan menuju dewasa. Pada saat itu, Sang Anak sudah menjadi generasi baru yang menempati puncak rantai makanan dan menjamin kehidupan terus berjalan dengan alami.

(Teks: @gr1satria, Foto: Resort PTN Gunung Salak I @yoviyop96)