Lagi, Masyarakat Serahkan Elang untuk Direhabilitasi

IMG-20180908-WA0001

Kabandungan – Awal September ini, Halimun Salak kembali memerima serahan satu ekor satwa liar, yaitu Changeable Hawk-eagle (Nisaetus cirrhatus). Satwa yang dikenal dengan nama elang brontok ini diserahkan oleh pemiliknya sdr Herman Bakri di desa Pulosari, Kalapanunggal, Sukabumi.

Informasi kepemilikan satwa liar ini merupakan hasil hasil temuan petugas Resort Gn. Kendeng, SPTNW I Sukabumi saat melaksanakan patroli rutin. Satwa liar yang dilindungi ini berada di pemukiman salah satu warga yang telah memeliharanya selama 4 tahun.

Setelah melalui proses pendekatan dan sosialisasi beberapa waktu terakhir, bersama petugas Balai Besar KSDA Jawa Barat, petugas kami menerima burung pemangsa tersebut yang diserahkan secara sukarela.

Salah satu spesies pemuncak rantai makanan ini selanjutnya di serahkan ke Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ), Loji untuk dilakukan proses rehabilitasi. Jika proses ini dapat berjalan dengan baik, Sang Elang akan dilepasliarkan kembali untuk kembali berperan sebagai penyeimbang ekosistem halimun salak.

Kami mengapresiasi penyerahan satwa ini, semoga ini sebagai bentuk mulai meningkatnya kesadaran masyarakat untuk ikut melestarikan satwa liar

Teks: Yoesry Hilmy