Berita & Kegiatan

Kelompok Tani Hutan Binaan Tanahalisa Saling Bertukar Pengalaman

Kamis, 6 Januari 2022, bertempat di wilayah kerja Resort PTNW Kawah Ratu, Seksi PTNW III Sukabumi  berlangsung pertemuan yang dihadiri oleh KTH Giri Catur, KTH Getah Lestari, Petugas Balai Tanahalisa serta Penyuluh Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III Jawa Barat. Silaturahmi, bertukar ilmu dan pengalaman sekaligus monitoring kemitraan konservasi menjadi agenda dalam pertemuan kali ini.

Kedua KTH di atas merupakan mitra Tanahalisa yang melalui kerja sama kemitraan konservasi mendapatkan akses untuk melakukan pemungutan dan budidaya tradisional sesuai dengan aturan dan ketentuan. KTH Getah Lestari sebagai pemanfaat hasil hutan bukan kayu (HHBK) berupa kopal (getah damar) sedangkan KTH Giri Catur sebagai pembudidaya lebah trigona di bawah tegakan damar.

Budidaya teuweul, nama lokal Apis trigona menghasilkan produk berupa madu, bee pollen dan propolis yang bermanfaat sebagai suplemen kesehatan. Bagaimana proses budidaya, pemasangan stup, hingga pemanenan memindahkan lebah madu disampaikan oleh KTH Giri Catur dan dipraktekkan langsung.

Selain itu dilakukan pula monitoring kemitraan konservasi dengan tujuan mengetahui capaian kegiatan kerja sama kemitraan konservasi serta memastikan terlaksananya hak dan kewajiban para pihak dalam hal ini Balai Tanahalisa dan KTH. Apa yang dilakukan hari ini adalah upaya mewujudkan mimpi bersama akan hutan yang lestari dan masyarakat yang sejahtera.

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.