• Depan
  • › Kategori: Artikel
  • › Ini…..cara Menghitung Jejak Karbon Di Rumah Anda!

Ini…..Cara Menghitung Jejak Karbon di Rumah Anda!

Lingkungan dan rumah hijau bisa terwujud bila didukung perilaku hijau penghuninya. Karena tanpa sadar, orang meninggalkan jejak karbon di setiap aktivitas hariannya, yang kemudian menyumbang emisi gas rumah kaca.

Environment Assistant Manager Yayasan Unilever Indonesia, Sari Tobing, mengatakan perilaku manusia di dalam hunian mulai penggunaan kendaraan bermotor, pemakaian lampu, pendingin ruangan, penggunaan alat-alat ekektronik, penggunaan kertas hingga sampah organik yang dihasilkan semuanya menghasilkan emisi gas. Apabila semua masyarakat Indonesia melakukan kegiatan yang sama, semakin banyak jejak karbon yang ditinggalkan.

Untuk itu,dihimbau untuk berperilaku hijau serta berkelanjutan yang dimulai dari lingkungan paling sederhana, yakni rumah pribadi. Sebagai sarana mempermudah upaya itu, pihak Yayasan Unilever Indonesia bekerjasama dengan Institute for Essential Service Reform (IESR) membuat Kalkulator Jejak Karbon. Kalkulator ini dapat memudahkan masyarakat menghitung berapa jejak karbon yang telah ia ciptakan, serta melakukan tindakan yang dapat mengurangi emisi untuk menyelamatkan lingkungan permukiman bumi.

Pada kalkulator jejak karbon ini, akan dicontohkan kegiatan sehari-hari manusia yang menghasilkan karbondioksida (C02). Misalnya, penggunaan hair dryer selama satu jam akan menghasilkan 891 gram CO2, menyalakan lampu selama 24 jam akan menghasilkan 214 gram CO2, menggunakan AC selama satu jam menghasilkan 668 gram CO2, 10 jam menyalakan televisi akan menghasilkan 1.114 gram CO2, menggunakan 10.000 lembar kertas yang belum didaur ulang akan menghasilkan 2.268.000 gram CO2 dan lainnya.

Untuk mempermudah penghitungan total jumlah karbon yang dihasilkan setiap harinya itu, masyarakat bisa mengaksesnya melalui situs http://www.iesr-indonesia.org. Mari….menghitung di rumah kita masing-masing!!

[sumber: kompas.com|lana]