in house training Pengenalan dan Penggunaan Alat Pemantauan Kukang

Arahan Kepala Balai

Hari ini, Selasa 26 April 2016, bertempat di Kantor Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dilakukan in house training Pengenalan dan Penggunaan Alat Pemantauan Kukang. Kegiatan pelatihan yang merupakan kerjasama dengan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi telah dilakukan untuk ketiga kalinya. Sebelumnya dilaksanakan Pelatihan Konservasi Kukang dan Permasalahannya pada tahun 2012 serta Pelatihan Teknik Monitoring dan Handling Kukang pada tahun 2014.

Agenda acara pelatihan ini dibuka dengan sambutan dan arahan Kepala Balai yang dilanjutkan dengan paparan dari Robithotul Huda mengenai Hasil Pemantauan Kukang di TNGHS. Pada paparan ini dijelaskan mengenai hasil pemantauan terhadap kukang lepasliar dengan alat radio telemetri serta hasil analisis melalui software Arc.GIS. Selanjutnya adalah paparan dari Muhidin mengenai Pengenalan Alat Pemantauan Kukang. Dijelaskan mengenai alat pemantauan berupa transmitter, antena dan receiver beserta cara penggunaannya. Pada kesempatan ini juga dilakukan praktek penggunaan alat.

Praktek penggunaan alat radio telemetri

“Kesempatan yang sangat mahal,” tutur Kepala Balai, Ir. Tri Siswo Rahardjo, M.Si dalam sambutan dan arahannya. “IAR berbagi pengetahuan, pengalaman bahkan kita bisa mendapatkan data monitoring hingga beberapa tahun. Hasil yang diperoleh hari ini agar bisa dipadukan dengan program resort-based management kita.”

Lebih lanjut, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Ibu Pairah, S.Si, MP menambahkan agar IAR bekerjasama dengan petugas TNGHS khususnya PEH untuk penulisan publikasi hasil monitoring di Gunung Salak.

Harapannya pelatihan ini mampu memberikan pengetahuan bagi petugas Taman Nasional Gunung Halimun Salak sehingga mampu mengenal dan memperkaya data resort-based management. (woe)