Berita & Kegiatan

Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021: Sampah Menghasilkan Nilai Ekonomi

SobatHalisa, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati setiap tanggal 21 Februari.  Tahun ini mengusung tema ‘Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi’. Dalam konferensi pers (18/2/2021), Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 menyampaikan bahwa sudah saatnya platform HPSN digeser ke upaya-upaya penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi.

Masyarakat sekitar kawasan hutan melakukan praktek pengolahan limbah ternak dan mendapatkan manfaat secara langsung. Salah satunya dilakukan oleh warga kampung Cipicung, Desa Kabandungan, Sukabumi yang merupakan daerah penyangga TanaHalisa. Melalui pengolahan sederhana, menggunakan bak penampung dan diproses dalam digester, olahan kotoran domba ini mampu menghasilkan dua produk yaitu biogas dan bioslurry.

pengolahan limbah ternak menjadi biogas dan bioslurry

Prosesnya pun tidak lama. Wandi, warga Cipicung mengungkapkan bahwa dalam waktu satu malam olahan limbah ternak sudah menjadi biogas dan keesokan paginya sudah bisa dipakai untuk memasak. Bioslurry sendiri dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Pada skala rumah tangga, sampah yang dihasilkan bisa memberikan nilai ekonomi. Setelah melalui proses pemilahan, sampah plastik, kertas, kardus bisa ditukarkan ke pengepul atau bank sampah. Minyak bekas pakai atau jelantah, selain bisa ditukarkan ke bank sampah dapat juga diproses menjadi sabun cuci. Sampah organik bisa diolah menjadi kompos atau ecoenzym yang selain sebagai pupuk juga bisa menjadi pembersih serbaguna.

Banyak lagi manfaat yang bisa dihasilkan dari pengolahan sampah. Informasi bisa kita peroleh dari komunitas peduli lingkungan dan penggerak ekonomi hijau. Mari kita mulai peduli untuk memilah sampah dimulai dari rumah.

Penulis: Hermita Widi Nugrahareni

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *