AKSI KONSERVASI BERSAMA MITRA

IMG_1731SE Penutupan Jalur Jan 2016

Akhir Februari 2016, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak bersama PT. Indonesia Power melakukan rangkaian aksi konservasi di wilayah Bumi Perkemahan Sukamantri dan Curug Nangka, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Bogor. Aksi tersebut berupa pembentukan kader konservasi tingkat pemula, serah terima mobil pendidikan konservasi dan pelepasliaran elang jawa (Nisaetus bartelsi).
Pembentukan kader konservasi dilakukan di Bumi Perkemahan Sukamantri, Bogor diikuti oleh 30 peserta yang merupakan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Nusa Bangsa. Kader konservasi yang sudah terbentuk diharapkan mampu melakukan aksi nyata dalam mendukung aksi konservasi.
Sebagai dukungan dalam pelaksanaan pendidikan konservasi, PT Indonesia Power menyerahkan satu unit mobil pendidikan konservasi. Kendaraan ini dirancang khusus dan dilengkapi dengan peralatan yang mendukung dalam kegiatan penyuluhan, pendidikan lingkungan, kemah konservasi, serta pameran. Serah terima secara simbolis dilakukan oleh Bapak Eko Yuniarto selaku General Manager PT Indonesia Power UPJP Kamojang kepada Bapak Tri Siswo Rahardjo selaku Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan disaksikan oleh Direktur Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam, Ibu Listya Kusumawardhani, Head of Corporate Communication PT Indonesia Power, Ibu Fanina Andini, serta Manager Unit PLTP Salak, Bapak Ervan Ambarita.
Puncak aksi konservasi yang dilakukan adalah pelepasliaran elang jawa (Nisaetus bartelsi) di Blok Curug Nangka. Elang yang sebelumnya dipelihara oleh warga ini diserahkan kepada Suaka Elang untuk direhabilitasi dan dikembalikan kepada habitat aslinya. Diharapkan aksi ini mampu menambah jumlah populasi satwa liar yang hidup di hutan alam.
Rangkaian aksi ini merupakan program-program yang diusung dalam kerjasama Balai dengan PT Indonesia Power UPJP Kamojang. Kerjasama yang terjalin sejak tahun 2014 ini mendukung tugas dan fungsi taman nasional dalam upaya perlindungan, pengawetan serta pemanfaatan secara lestari sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. (woe)