Berita & Kegiatan

Akses Pemanfaatan Tradisional untuk Masyarakat Sekitar TanaHalisa

#SobatHalisa, apa yang terlintas di benak ketika denger atau baca kata taman nasional? Lokasi piknik, camping, ngumpul-ngumpul di alam terbuka dengan banyak spot instagramable? Rumah maha luas bagi satwa dan tetumbuhan yang bikin penasaran pegiat alam, anak kuliahan hingga peneliti? Ada lagi?

Tak hanya itu, taman nasional juga memiliki fungsi dalam pemberdayaan masyarakat sekitar. Salah satunya melalui pemberian akses pemanfaatan tradisional kepada mereka. Tentunya dengan terlebih dahulu memenuhi syarat dan ketentuan sesuai aturan yang berlaku.

Alhamdulillah, Rabu tanggal 10 Februari 2021 ini, TanaHalisa memberikan akses tersebut kepada 6 Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Bogor. Kepala Balai dan Ketua KTH menandatangani perjanjian kerja sama disaksikan oleh Kepala Desa. KTH secara resmi diberikan akses pemungutan hasil hutan bukan kayu serta budidaya tradisional berupa poh-pohan dengan berkomitmen untuk tetap menjaga kelestarian hutan.

Harapannya, kemitraan konservasi ini mampu memberikan kemanfaatan bagi masyarakat dan kawasan TanaHalisa tetap terjaga kelestariannya.

Artikel Lain Yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.